|
Coklat ()
Kabar
baik bagi para penggemar coklat bahwa coklat mengandung flavonoids yaitu komponen yang dapat membantu memelihara kesehatan
jantung, sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah-yang dapat
menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Flavonoids
dalam coklat berasal dari biji coklat yang kaya flavonoids. Beberapa
penelitian menunjukkan sebatang coklat pekat mengandung flavonoids
sebanyak enam apel, 4,5 cangkir teh, 28 gelas anggur putih dan 2
gelas anggur merah.
Namun sayang, cokelat yang
ada di pasaran juga memiliki tingkat lemak dan gula yang tinggi.
Karena itu, The British Heart
Foundation menganjurkan untuk tetap meningkatkan konsumsi
buah-buahan dan sayuran yang juga mengandung tingkat flavonoids
lebih tinggi. Tetapi bila coklat tetap menjadi pilihan, menikmati
saja sedikit coklat secara teratur. Beberapa manfaat coklat, antara
lain disebutkan:
Coklat lebih baik dari
"bercinta". Selama bertahun-tahun, penelitian berusaha
menemukan apa yang membuat coklat begitu menarik. Ternyata coklat
dikaitkan dengan perasaan manusia karena rasanya yang lezat. Menurut
peneliti dari Universitas Cambridge, Adrian Owen, pengaruh makan coklat adalah
psikologis. Kombinasi aroma yang khas dengan tekstur dan rasa
membuat makan coklat adalah sebuah pengalaman menyenangkan.
Coklat baik bagi jantung.
Peneliti Universitas
California menemukan flavan-3-ols, senyawa yang ditemukan dalam
coklat, dikaitkan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.
Coklat juga mengandung nutrisi yang ditemukan dalam makanan lain
yaitu antioksidan dimana merupakan komponen alam yang dapat membantu
menangkis penyakit seperti penyakit jantung.
Coklat dapat mengobati :
Batuk.
Apakah anda tahu makan
coklat lebih efektif dibanding minum obat batuk? Menurut para ahli
zat kimia yang ditemukan dalam coklat lebih baik dalam menyembuhkan
batuk dibanding obat batuk. Hal ini didasari pada sebuah senyawa
yang disebut theobromine yang dapat mencegah batuk.
Kanker.
Coklat mengandung tingkat
polyphenols yang tinggi, senyawa yang ditemukan dalam makanan yang
berasal dari tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat
membantu melindungi dari penyakit serius seperti kanker.
Stroke.
Sebuah penelitian di
Universitas California mengungkapkan coklat dapat membantu mencegah
pembekuan darah, sesuatu yang dapat membantu pasien terkena stroke.
Para peneliti mengatakan coklat memiliki pengaruh yang sama dengan
aspirin yang dikenal sebagai antipembekuan darah.
Tekanan Darah Tinggi.
Penelitian baru-baru ini
menemukan senyawa yang terdapat dalam coklat dapat mebantu mencegah
tekanan darah tinggi karena coklat kaya flavanol, sejenis
antioksidan yang dapat melacak dan menghancurkan kimia berbahaya
dalam tubuh yang menyebabkan penuan dan berpotensi pada penyakit
serius.
Sumber
: dari berbagai sumber
|